Thursday 10 March 2016

Komputer



Kata Komputer berasal dari kata bahasa Yunani "Computare" yang berarti memperhitungkan atau menggabungkan bersama-sama. Kata com berarti menggabungkan dalam pikiran atau secara mental, sedangkan putare berarti memikirkan perhitungan atau penggabungan. Dalam bahasa Inggris: "To Compute" yang artinya menghitung. Komputer juga dapat diartikan sebagai “suatu perangkat elektronik atau sekumpulan perangkat elektronik yang bekerja secara otomatis, terintegrasi dan terkoordinasi yang dapat melakukan tugas-tugas tertentu (misalnya menerima, menyimpan, mengolah dan menyajikan Data), dikendalikan serta dikontrol oleh instruksi atau program yang tersimpan di dalamnya (mesin)”.
Penggolongan Komputer
  1. Berdasarkan data yang diolah
     a.     Komputer analog digunakan untuk mengolah data kualitatif, bekerja secara contineu dan paralel, biasanya tidak memerlukan bahasa perantara.
    Contoh: komputer yang digunakan untuk mengukur suhu kecepatan suara dan foltase listrik.b.   Komputer digital digunakan untuk mengolah data kuantitatif. Misalnya huruf, angka, kombinasi huruf dan angka, serta karakter khusus. Biasanya memerlukan bahasa perantara. Contoh: PC, laptop 
    c.       Komputer hybrid adalah kombinasi antara komputer analog dan digital.
    Contoh: faxsimile
  2.  Berdasarkan penggunaan 
    a.    Komputer untuk tujuan khusus (sepecial purpose computer), digunakan secara umum misal: digunakan gratis, pengolahan multimedia, pengolahan database. 
    b.      Komputer untuk tujuan umum (generasi purpose computer), digunakan secara khusus dan mempunyai fungsi kerja sja, misalnya digunakan sebagai server, PC ruter.
  3.  Berdasarkan generasi komputera.       Komputer generasi pertama (1946-1956) 
    b.      Komputer generasi kedua (1956-1964) 
    c.       Komputer generasi ketiga (1964-1970) 
    d.      Komputer generasi keempat (1970-sekarang)
  4.  Berdasarkan bentuk dan ukurana.    Super komputer, jenis komputer yang digunakan untuk menyelesaikan masalah yang membutuhkan perhitungan sangat kompleks. 
    b.      Mainframe komputer, jenis komputer yang digunakan pada lingkungan ketika pengguna memerlukan akses untuk menjalankan program dan memakai data secara bersama-sama. 
    c.       Mini komputer, komputer jenis ini lebih kecil dari komputer mainframe, tetapi lebih besar dari jenis hitro komputer biasanya memiliki beberapa terminal. Contoh: digunakan sebagai server jaringan komputer atau server internet. 
    d.      Workstation computer, ini disebut juga single user atau digunakan oleh 1 orang biasanya digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan perhitungan kompleks dan pekerjaan yang berat. Contoh: gambar animasi. 
    e.       Micro komputer atau personal komputer, jenis komputer pribadi yang digunakan 1 orang yang kinerjanya tergantung pada seseorang.
semoga bermanfaat,,,


0 komentar:

Post a Comment