Ok pagi” gini enaknya santai” dan ngblog itu yang
paling au sukai, tapi pastinya kalo ada jaringan wifi hehehe,,,, maklum cari
gretongan dulu,,,
Nah saya akan membahas tentang apa saja sih strategi
pemasaran di dunia digital ini.
Stay tune di blog sya ya,,,
Strategi pemasaran digital
Ada dua strategi pada pemasaran
digital berdasarkan cara pengiriman yaitu tarik dan dorong, masing-masing mempunyai
kelebihan dan kekurangan.
1. Tarik
1. Tarik
Melibatkan konsumen untuk mencari,
melihat, dan mengambil informasi secara langsung melalui situs atau mesin
pencari. Konsumen berperan aktif dalam mencari informasi yang dibutuhkan,
biasanya terletak pada situs atau website, blog, audio streaming, dll.
Ø Kelebihan:
- Tidak memerlukan teknologi canggih untuk mengirimkan konten, hanya diperlukan untuk menyimpan atau menampilkannya.
- Tidak ada batasan dari segi konten atau ukuran berkas karena semua ditentukan oleh konsumen.
- Kebebasan media yaitu perusahaan bebas menggunakan metode apapun untuk menarik konsumen.
Ø Kekurangan:
- Tidak ada personalisasi untuk menjaga pengunjung datang kembali.
- Bersifat pasif karena mengandalkan mesin pencari.
- Terbatasnya kemampuan untuk mengukur hasil pada konsumen.
2. Dorong
Memberikan informasi kepada konsumen dengan melihat atau menerima iklan digital secara aktif. Informasi dapat datang dalam bentuk email, panggilan ponsel, SMS (pesan teks dikirim melalui ponsel),MMS (pesan multimedia), RSS (format feed web yang mendistribusikan berita dan informasi), dll.
Memberikan informasi kepada konsumen dengan melihat atau menerima iklan digital secara aktif. Informasi dapat datang dalam bentuk email, panggilan ponsel, SMS (pesan teks dikirim melalui ponsel),MMS (pesan multimedia), RSS (format feed web yang mendistribusikan berita dan informasi), dll.
Ø Kelebihan:
- Memilih sasaran konsumen secara khusus.
- Pesan yang dikirim dapat disesuaikan dengan kriteria konsumen.
- Melakukan pelacakan rinci tentang pilihan konsumen.
Ø Kekurangan:
- Memerlukan mekanisme dalam pengiriman pesan.
- Pesan dapat dicegah oleh konsumen.
- Timbulnya isu privasi akibat konsumen tidak tertarik dengan email atau SMS yang bersifat promosi.
- Solusi pemasaran digital
Solusi pemasaran digital meliputi penggunaan
berbagai saluran pengiriman yang meliputi teknik tarik dan dorong. Hal ini
digunakan untuk memperluas dukungan pelayanan perusahaan dan keterlibatan
konsumen. Perusahaan perlu menjadi adaptif dan responsif dalam memenangkan
konsumen. Pertahanan dalam paradigma baru ini, perusahaan harus membuat
komitmen yang kuat untuk pemasaran digital melalui investasi baru dalam
teknologi dan inovasi. Berakhir pada solusi pemasaran yang ideal berupa
mencapai, retensi, dan pendapatan.
Aturan
dalam pemasaran digital:
- Menargetkan satu segmen dan menciptakan komunitas virtual.
- Memperluas peran merek dalam portofolio secara global.
- Gunakan harga yang kreatif.
- Mengutamakan desain bagi konsumen.
- Gunakan eksperimentasi yang bersifat adaptif.
- Menemukan kembali riset pemasaran dan pemodelan sebagai penciptaan pengetahuan.
- Langkah-langkah pemasaran digital
Dalam aktivitas pemasaran digital
terdapat istilah AIDA (Awareness, Interest, Desire, dan Action), khususnya
dalam proses memperkenalkan produk atau jasa ke pasar (konsumen).[9]
Awareness
(Kesadaran)
Dalam ranah digital, pemasar
membangun kesadaran konsumen dengan memasang iklan terlebih dahulu di media
online, seperti Detik.com.
Interest
(Ketertarikan)
Ketertarikan muncul setelah
membangun kesadaran pada konsumen. Sistem offline, konsumen langsung mencari
informasi di pasar. Sistem online, konsumen mencari tahu tentang produk melalui
mesin pencari (Google, Yahoo! dll) dan jejaring sosial (Facebook, Twitter dll).
Desire
(Keinginan)
Timbul keyakinan pada konsumen
sehingga berkeinginan untuk mencoba produk atau jasa. Sistem online ditandai
dengan mencari keterangan lengkap tentang produk atau jasa melalui situs web.
Action
(Tindakan)
Tahap terakhir sebagai penentuan
dari pihak konsumen terhadap produk atau jasa.
Kunci
sukses pemasaran digital
- Harus memperhatikan istilah pada AIDA (Awareness, Interest, Desire, dan Action).[9]
- Pasar adalah tempat komunikasi dua arah. Untuk memperoleh komunikasi tersebut merek harus melakukan positioning terlebih dahulu, dapat melalui berbagai media (Forum, blog dll) dan yang paling efektif ialah melalui jejaring sosial.
Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kalian
semua, trimakasih sudah mampir di blog saya :)
makasih tutornya, harus dicoba. thanks dah sharing
ReplyDeletesama"
ReplyDelete